Program Studi Pascasarjana




Program Pascasarjana STHG Tasikmalaya adalah program Pascasarjana mandiri yang diselenggarakan oleh STHG Tasikmalaya tanpa bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya. Program Pascasarjana ini mulai diselenggarakan pada tahun akademik 2007-2008 berdasarkan pada Keputusan DIRJEN DIKTI Nomor 2160/D/T/2007 tertanggal 8 Agustus 2007 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum (S2) pada Sekolah Tinggi Hukum Galunggung Tasikmalaya. Pembukaan program Pasca Sarjana itu sendiri tidak akan berhasil tanpa dukungan penuh dari Yayasan Galunggung Tasikmalaya, Prof. Dr. H. Rukmana Amanwinata, S.H., M.H. beserta Prof. Dr. Hj. Mien Rukmini, S.H., M.H., juga dukungan dari bank Muamalat Indonesia.

Penyelenggaraan Program Studi Pasca Sarjana ini tidak lepas dari orientasi yang dimiliki oleh STHG Tasikmalaya untuk memenuhi kebutuhan pengembangan studi Ilmu Hukum yang bersifat akademis dan praktis yang dapat digunakan oleh masyarakat dengan mengembangkan analisis dan pemecahan kasus-kasus hukum yang terjadi. Kompleksitas masalah-masalah yang terjadi dalam masyarakat memerlukan kajian dan analisis yang komprehensif. Dalam penyelenggaraannya baik orientasi akademis maupun praktis tersebut dikemas dalam satu paket kurikulum yang dirancang dalam sebuah rencana strategis yang secara teoritik telah teruji. Kurikulum ini mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dan menyesuaikan dengan kaidah-kaidah yang tumbuh dan berkembang pada masyarakat.

Untuk menghasilkan lulusan yang bergelar Magister Hukum (MH) yang dapat memenuhi kebutuhan akademis dalam analisis, pengkajian dan pengembangan ilmu hukum maupun kebutuhan praktis sesuai tuntutan calon pengguna lulusan (user), Program Pascasarjana STHG Tasikmalaya membuka dua kajian utama/konsentrasi yaitu:

(1) Hukum Bisnis.
(2) Hukum Otonomi Daerah.

Modifikasi program ini memiliki berbagai keunggulan yang diharapkan dapat mengantarkan para pesertanya menjadi lulusan yang handal secara keilmuan dan dalam tataran praktis bersikap profesional. Dengan demikian Program Pascasarjana STHG Tasikmalaya diharapkan mampu melahirkan seorang bergelar Magister Hukum yang memiliki kompetensi substantif, metodologis, dan kebahasaan yang memadai.

Program Pascasarjana Magister Hukum STHG (PPMH-STHG) Tasikmalaya didirikan oleh Yayasan Galunggung Tasikmalaya sebagai bentuk tanggungjawab masyarakat terhadap bidang pendidikan.

Diperbaharui terakhir pada tanggal: 11 Januari 2016

Tautan Terkait




Halaman Program Studi Pascasarjana ini telah dikunjungi sebanyak 3409 kali.


Hak Cipta © 2011-2018 oleh STHG Tasikmalaya
Semua isi dan materi yang ditampilkan dilindungi Undang-Undang