Sarjana

Sarjana

Program Studi Ilmu Hukum Tingkat Sarjana STHG Tasikmalaya memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dari tahun 1974, STHG Tasikmalaya pertama kali didirikan dan berjalan sesuai dengan kondisi di masa itu.

Setelah berjalan 1 tahun, STHG Tasikmalaya pertama kali mendapatkan status terdaftar sebagai perguruan tinggi swasta untuk Program Sarjana Muda. Kemudian, pada tahun 1984, Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0271/O/1984 mengukuhkan STHG Tasikmalaya untuk dapat menyelenggarakan Program Studi hingga tingkat Sarjana. Dalam perkembangan selanjutnya, STHG Tasikmalaya mendapatkan status baru dengan Surat Keputusan DIRJEN DIKTI Nomor 60/DIKTI/Kep./1994 dengan status Diakui. 

Seiring dengan berkembangnya peningkatan kualitas pendidikan di STHG Tasikmalaya, STHG Tasikmalaya berhasil mendapatkan akreditasi dari BAN PT dengan keluarnya Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 022/BAN-PT/AK-II/XII/1998 pada tanggal 22 Desember 1998. Kemudian, dalam proses akreditasi selanjutnya, STHG Tasikmalaya berhasil mendapatkan peningkatan peringkat dari yang semula terakreditasi C menjadi terakreditasi B berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 066/BAN-PT/AK/X/S1/VII/2006. Pada tahun 2011, diperbaharui lagi dengan SK BAN PT No. 021/BAN-PT/AK-XIV/S1/VIII/2011 dengan peringkat B, diperbaharui lagi dengan SK BAN PT No. 2620/SK/BAN-PT/AK-SURV/S/XI/20116 dengan peringkat B. 

Inilah perkembangan status program studi Sarjana dari awal pendirian hingga saat ini. 

Untuk Program Studi Sarjana saat ini, STHG Tasikmalaya tidak lagi menyelenggarakan jurusan. Ini sesuai dengan perkembangan kebijakan mengenai program studi yang ditetapkan oleh DIRJEN DIKTI. Namun demikian, dalam satu format program studi ini, STHG Tasikmalaya masih menyediakan ruang kekhususan untuk mempelajari hukum sesuai dengan minat mahasiswa, terutama di dalam pengembangan studi Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, maupun Hukum Islam.